4/03/2017

Cara Mudah Membaca Pola Amigurumi Untuk Pemula

Cara Mudah Membaca Pola Amigurumi Untuk Pemula

Hallo teman-teman rajuters..! Masih semangat merajut kaann.. 



Kali ini saya akan sedikit berbagi tips buat kamu yang sedang belajar membuat boneka rajut atau yang disebut Amigurumi.

Merajut Amigurumi memang gampang-gampang susah. Awalnya memang tampak susah yaa.. karena lihat polanya itu lho yang njlimet... Tapi kalau sudah tahu caranya membaca pola, merajut Amigurumi ini sebenarnya mudah banget dan mengasyikkan. Yuk, disimak..

Cara Membaca Pola Amigurumi (Boneka Rajut)


Dalam dunia rajut-merajut, biasanya kita dihadapkan pada dua pilihan pola, yaitu pola gambar dan pola tulisan. Kalau untuk saya pribadi sebenarnya untuk merajut crochet (termasuk Amigurumi) lebih mudah jika mengikuti pola gambar. Tapi tidak semua rajuter, ada juga yang lebih suka pola tulisan.

Dan kali ini saya akan coba sedikit memberikan penjelasan bagaimana cara membaca pola gambar dalam membuat Amigurumi. Karena dari sekian banyak orang yang ingin belajar Amigurumi sepertinya agak kerepotan dalam memahami pola gambar ya.. Mungkin karena pengerjaannya yang melingkar terus-menerus, jadi bingung antara baris satu dengan lainnya.

Nah, berikut ini contoh pola gambar pada sebuah Amigurumi. Tentu kebanyakan akan muncul seperti ini kan ya.. Oke, sekarang ikuti tips-nya tahap demi tahap.

Cara Mudah Membaca Pola Amigurumi Untuk Pemula
Gambar-1

1. Kebanyakan, membuat Amigurumi hanya menggunakan teknik single crochet (sc)

Apa itu single crochet, yang belum paham bisa membacanya disini : 
Panduan Mudah Belajar Merajut Untuk Pemula 

2. Perhatikan angka 1,2,3,4...dan seterusnya. Ini menunjukkan urutan baris.

3. Lihat gambar-1. Panah merah = menunjuk pada pola dengan simbol bentuk V, atau ada juga yang menandai dengan V dan X diatasnya. Dua simbol ini memiliki arti yang sama, yaitu kamu harus membuat increase (inc) atau penambahan (2 sc dalam satu lubang stitch).

Increase (inc) pada pola Amigurumi ini berfungsi untuk membuat pola agar semakin melebar atau besar.

4. Lihat gambar-1. Panah biru = menunjuk pada simbol bentuk V tapi terbalik, atau ada juga yang menandai dengan V terbalik dan X dibawahnya. Dua simbol ini memiliki arti yang sama, yaitu kamu harus membuat pengurangan atau decrease (dec) = 2 sc digabung jadi satu stitch/tusukan.

Decrease (dec) adalah kebalikan dari increase (inc). Jika kamu membuat inc untuk melebarkan, maka dec ini berfungsi untuk menciutkan/mengecilkan kembali bentuk Amigurumi. Misalnya membuat bentuk bulat kepala, teknik merajutnya dari baris awal kecil, kemudian melebar, lalu menciutkan kembali sampai ke ukuran yang diinginkan.

5. Masih di panah biru, disitu kita lihat pola sekotak yang lurus (bukan gambar bulat). Ini artinya, baris kelanjutan dari pola melingkar yang dibawahnya (yang bulat). 

Tidak usah bingung ya, karena kamu tinggal menghitung saja jumlah X atau V yang tertera di pola tersebut. Tapi ingat, memulai tiap baris tetap melihat angka baris yang tertera di pola. Jadi mulailah menghitung X dari baris angka sampai kembali ke ujung. Tapi, jika jumlah X atau tusukannya tidak sama, berarti kamu perlu mengikuti tanda titik-titik (.........) yang mengarah pada sebagian stitch.

Jika hitungan stitch/tusukan pada pola gambar tidak sama atau membingungkan jumlahnya

Sekali lagi, kamu tidak perlu bingung. Berikut ini saya berikan contoh pola gambar yang sama, tapi sudah saya tandai khusus supaya kamu mudah mengingatnya. 

Begini cara mudah membacanya (lihat pola yang diblok warna pink, gambar-2) :
Baris 1 = loop/magic ring dengan 6sc
Baris 2 = rajut inc (2sc dalam 1 tusukan)----ulangi 6 kali 
Baris 3 = rajut (sc, inc)---- ulangi 6 kali
Baris 4 = rajut (2sc, inc)---- ulangi 6 kali
Baris 5 = rajut (3sc, inc)---- ulangi 6 kali
Baris 6 = rajut (4sc, inc)---- ulangi 6 kali
Baris 7-13 = rajut 6sc ---- ulangi 6 kali (jadi total jumlahnya 36 sc) 
Baris 14 = rajut (4sc, dec)---- ulangi 6 kali
Baris 15 = rajut (3sc, dec)---- ulangi 6 kali
Baris 16 = rajut (2sc, dec)---- ulangi 6 kali.
Mengapa diulang 6 kali? Karena baris awal pola adalah magic ring/loop dengan 6 sc. Jadi kamu hanya perlu mengikuti 'blok pink' ini dan ulangi 6 kali sampai kembali ke ujung baris. Mudah bukan?
Cara Mudah Membaca Pola Amigurumi Untuk Pemula
Gambar-2

Tapi, ada yang harus kamu perhatikan juga. TIDAK SEMUA POLA akan memberikan gambaran yang sama seperti pola diatas. Contohnya, pola yang dibawah ini (gambar-3) :

Perhatikan tanda 'titik-titik' (......) disini menunjuk pada setengah bagian pola. Ini berarti, kamu hanya perlu mengulang bagian pola tersebut sebanyak 2 kali, meskipun baris pertama pola sama-sama diawali dengan 6sc.

Cara Mudah Membaca Pola Amigurumi Untuk Pemula
Gambar-3
 

6. Lihat gambar 1-2. Panah hijau = biasanya dalam pola gambar ada tulisan yang tertera di kotak keterangan. Ini untuk membantu kamu memastikan jumlah stitch/tusukan pada setiap baris. Misalnya : (contoh pada gambar)
- Baris 1 = 6 , berarti baris pertama menghasilkan 6 tusukan (stitch).Baris 2 = 12(+6), berarti baris kedua menghasilkan 12 tusukan, karena ada penambahan 6 tusukan. Dan seterusnya. 

- Baris 7 sampai baris 13 = 36, berarti baris ketujuh menghasilkan 36 jumlah tusukan. Sampai baris ke-13. 

- Baris 16 = 18 (-6), berarti baris ke-16 menghasilkan 18 tusukan (karena sudah mengalami pengurangan 6 tusukan). Dan seterusnya.

Jadi kotak keterangan ini sangat membantu sekali buat kamu yang sedang belajar membuat rajutan Amigurumi. Pastikan kamu menghitung ulang jumlah tusukan pada setiap baris, apakah jumlah tusukannya sama dengan kotak panduan yang ada di pola? Jika tidak sama, berarti ada kesalahan saat kamu merajut pada bagian baris tersebut. Ulangi sampai pola habis. 

Sebenarnya, teknik membaca pola Amigurumi hanya seperti ini saja. Sangat simpel tapi memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. 

Jadi, tips sukses belajar membuat Amigurumi adalah merajut dengan hati yang senang dan pikiran yang tenang. Ambil waktu luang yang benar-benar ada supaya tidak terganggu dengan aktivitas yang lain. Dan satu lagi, siap berlapang dada untuk urusan hitung menghitung yaa...

Selamat merajut..!

4 komentar

Mba saya mau nnya, apakah setiap akan memulai baris baru, perlu ditambahkan 1 chain? Atau setelah ss lansung sc saja?

Bisa saja langung buat sc baru (tanpa 1 ch) asal batas awal baris tsb ditandai biar tidak salah saat mengakhiri dan memulai baris baru lg.. Tapi jika diawali dengan 1 ch akan lebih mudah mengenali batas barisnya.

Terima kasih.. Sangat membantu. Aku sering liat pola gambar kayak gitu tp bingung mengartikan nya. Sekali lg terima kasih sdh mau ber bagi.

Sama-sama mbak Hariya Tie,
Semoga tambah pintar merajutnya ya..Semangat