1/17/2016

Merajut Itu Mudah, Yuk Belajar Merajut !


Hello teman-teman..

Sudah lama saya ingin membuat blog tentang hobi saya yang satu ini, yaitu merajut! Sebenarnya saya suka apa saja yang berhubungan dengan seni kerajinan tangan. Rajut, sulam, jahit-menjahit, kreasi flanel, crosstitch (kristik), dan lain sebagainya. Tapi kali ini saya ingin berbagi pengalaman, share pola dan hasil karya Rajutan saya.

Sebelumnya, saya akan bercerita sedikit tentang awal mula saya mulai belajar merajut, sampai akhirnya bisa membuat karya-karya dan pola sendiri, hingga melayani pesanan Customers.

Lumayan kan, untuk tambah-tambah uang belanja, hehe..

Dunia rajut-merajut sebenarnya sudah saya kenal sejak masih di bangku SMA.
Masih iseng-iseng siih... tapi semakin lama semakin membuat saya jatuh cinta, itupun saya belajar secara otodidak.
Sempat break karena urusan pekerjaan. Kemudian saya mulai menekuni lagi pada tahun 1999, masih dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang diluar kesibukan saya bekerja.
Saat itu iseng-iseng saya membuat baby set (sepatu, topi dan sweater baby), masih menggunakan bahan benang woll lokal dengan alat rajut murahan seadanya di toko (dulu belum banyak yang menjual benang-benang dan alat rajut yang bagus-bagus seperti sekarang ini).
Lalu saya coba titip jual di tempat kakak yang waktu itu menggelar dagangan fashion di teras rumah.
Dan ternyata, laris-manis! Hmm... akhirnya saya semakin bersemangat dan mulai berharap dunia merajut ini bisa saya kembangkan menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Sayapun belajar merajut tidak hanya secara otodidak saja. Saya mulai mengembangkan kreativitas dan mencari ide-ide baru lewat buku, internet, dan pernah mengikuti kursus merajut singkat, khususnya untuk rajutan knitting (dengan menggunakan alat Breien).


Dan saat ini, saya semakin jatuh cinta dengan dunia merajut, dan mulai mengembangkannya menjadi usaha yang menguntungkan. Nikmat dalam mengerjakan, senang terima untungnya, hehe..

Mungkin sebagian orang beranggapan, " Ah, itu kan emang sudah bakatnya....aku nggak punya bakat bikin-bikin yang seperti ini. Lihat polanya saja sudah pusing..."
Duuh, seperti menyerah sebelum berperang ya...hehe
Tapi bagi saya, apapun bisa kita pelajari asal kita punya kemauan untuk belajar.

"Creativity is not a Talent or Ability, It is the Fruit of person's decision to matter." (Eric Maisel)

Dan ini adalah sebagian dari pesanan Customer yang siap untuk dikirim.



coccocraft.blogspot.com
kreasiku ~ Pesanan Customer

Seperti pada foto diatas ini, adalah rajutan yang bernama Amigurumi, yaitu boneka yang dibuat dengan cara rajut, dan membuatnya pun sangat mudah sekali.
Menggunakan alat rajut yang bernama Hakken, bahan dari benang katun lokal yang bisa dibeli di toko-toko yang menjual benang rajut. Dan hanya menggunakan satu teknik saja, yaitu single crochet (tusuk tunggal).

Bagi yang ingin belajar merajut, bisa mempelajari caranya disini :  
Belajar Merajut Mudah Untuk Pemula

Sekarang ini juga banyak lho..laki-laki yang menekuni dunia rajutan. Terutama mereka yang mempunyai profesi designer. Hasil rajutan biasanya diaplikasikan pada busana-busana rancangannya. Tentunya ini akan menambah keistimewaan dan nilai jual tersendiri.

Buat teman-teman yang baru belajar merajut, terus semangat ya..
Apalagi sekarang banyak sarana untuk bisa belajar merajut dengan mudah.
Dari buku-buku yang banyak dijual di toko buku, lewat internet, bisa juga mencari tempat-tempat kursus, bahkan sekarang sudah banyak komunitas-komunitas perajut yang bisa membantu para newbie yang ingin memulai belajar merajut.
Yang penting, jangan cepat bosan. Kerjakan dengan penuh kecintaan dan kesabaran. 

Selamat Belajar Merajut..!